Journal Review #4


Faktor Kritis dalam Keberhasilan
Implementasi ERP

Jurnal oleh: Khaled Al Fawaz, Zahran Al-Salti, Tillal Eldabi
Diulas oleh: Maulana Ihsan Al Ghifari (Teknik Industri UI 2015)


Pada tugas keempat mata kuliah system informasi ini, saya akan mengulas paper yang berjudul “Faktor Kritis dalam keberhasilan implementasi ERP”. Apa itu ERP?  ERP adalah sebuah paket sistem perangkat lunak bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk secara efisien dan efektif mengelela dan menggunakan sumber daya (bahan, sumber daya manusia, keuangan, dll) dengan menyediakan secara total, solusi terpadu untuk kebutuhan pemrosesan informasi organisasi. Sistem ERP telah menjadi alat yang strategis dan penting dalam lingkungan bisnis yang kompetitif pada era ini. Penelitian ini menyajikan tinjauan hasil penelitian terbaru pada sistem ERP. Paper ini mengidentifikasi manfaat utama dari sistem ERP, kekurangan dan faktor penentu keberhasilan implementasi yang dibahas dalam literatur yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa meskipun beberapa organisasi menghadapi tantangan melakukan implementasi ERP, banyak pula yang telah menikmati manfaat dari telah diterapkannya sistem tersebut dalam organisasi. Sistem ERP memfasilitasi kelancaran arus informasi fungsional baik secara umum maupun praktik di seluruh organisasi. Selain itu, meningkatkan kinerja supply chain dan mengurangi cycle time. Namun, tanpa dukungan manajemen level atas, rencana bisnis dan visi yang tepat, rekayasa proses bisnis, manajemen proyek yang efektif, keterlibatan pengguna serta pendidikan dan pelatihan, organisasi tidak akan bisa merangkul manfaat penuh dari sistem yang kompleks tersebut dan risiko kegagalan mungkin di level teratas.


Referensi paper:

Al-Mashari M, Ghani S,W Al-Rashid W. 2006. ‘A study of the Critical Success Factors of ERP implementation in developing countries’. Internet and Enterprise Management, 4(1): 68-95.
Al-Mashari, M, Al-Mudimigh A, Zairi M. 2003. ‘Enterprise resource planning: A taxonomy of critical factors’, European Journal of Operational Research 146 352-364.
Davison, R. 2002 Cultural Complications of ERP, COMMUNICATIONS OF THE ACM, 45(7), 109 - 111.
Everdingen, Y., Hillergersberg, J., and Waarts, E. 2000. ‘ERP adoption by European midsize companies’. Communications of the ACM, 43 (4): 27-31.
Esteves J Pastor J Casanovas J 2003, ‘A goal/question/metric research proposal to monitor user involvement and participation ERP implementation projects’, Information Resources Management Association Conference (IRMA), Philadelphia (USA) 325-327
Gardiner, S.C., Hanna, J.B. and LaTour, M.S. 2002, ‘ERP and the re-engineering of industrial marketing processes: a prescriptive overview for the new-age marketing manager’. Industrial Marketing Management, 31: 357-365.

Hammer, M. and J. Champy. 2001, ‘Reengineering the Corporation: A Manifesto for Business Revolution’, Harper Business, New York, NY, USA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Journal Review #1

Journal Review #3